my own space: Berkata IKHLAS Itu Bukan IKHLAS

Tuesday, October 29, 2013

Berkata IKHLAS Itu Bukan IKHLAS



"Perbuatan ikhlas laksana bunga yang mekar, pasti terlihat indah dan menyenangkan. Mekarnya bunga adalah peristiwa alami dan wajar, tidak haus pujian dan tepuk tangan"

IKHLAS adalah rahasia Allah Swt. Maka sebagai seorang hamba, kita harus memohon agar Allah Swt menganugrahkan rasa ikhlas itu kepada kita. Untuk itu, keikhlasan harus dilatih secara terus menerus. Karena tidak ada sesuatu yang berhasil baik, kecuali kita harus melatihnya. Sehingga kita tidak menyadari lagi bahwa apa yang kita lakukan ternyata bernilai ikhlas.

KEIKHLASAN itu seperti kita menghirup udara dalam keseharian. Atau ketika kita melangkah dengan menggerakkan kaki dan tangan kita yang melambai. Meski kita melakukannya, hampir kita tidak pernah menyadarinya. Karena IKHLAS tetap menjadi rahasiaNya, maka siapapun yang merasa dan mengaku ikhlas, ini artinya belum ikhlas.

Dengan demikian IKHLAS dapat dicapai bila sudah tidak ada lagi keakuan yang menguasi dalam diri. Semua berlangsung dengan wajar dan natural. Seperti kuncup bunga yang sedang mekar, demikian alami dan pasti indah dilihat yang lain.
(250 Wisdoms Membuka Mata, Menangkap Makna by Komaruddin Hidayat)